Cara mencegah bekas luka caesar

Cara mencegah bekas luka caesar post thumbnail image

Tentang luka caesar

Hamil menjadi saat-saat membahagiakan dalam hidup seorang ibu. Setelah menginjak trimester akhir kehamilan, ibu hamil mulai mempersiapkan proses persalinan dan mengkonsultasikan apa yang terbaik demi melahirkan buah hati ke dunia. Apakah melahirkan secara normal atau harus melakukan operasi caesar itu tergantung pada diri dan kondisi kehamilan si ibu. Ada orang yang memilih operasi caesar tanpa adanya gangguan kehamilan. Namun, ada juga yang melahirkan melalui operasi caesar karena keadaan yang tidak memungkinkan untuk melahirkan normal. Banyak faktor yang mempengaruhinya, seperti posisi bayi yang canggung, proses pembukaan sebelum melahirkan yang memakan banyak waktu dan tidak berkembang, atau si ibu hamil memiliki masalah kesehatan.

Operasi caesar merupakan salah satu proses  persalinan yang aman melalui proses pembedahan di mana saat melahirkan bayi, ibu akan melalui sayatan di perut dan rahim.  Setelah melakukan operasi, akan ada proses penjahitan untuk menutup sayatan dan setelah sayatan sembuh jaringan parut akan timbul. Namun, timbul tidaknya jaringan parut atau luka tergantung pada tubuh ibu hamil.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah bekas luka caesar atau meminimalkan jaringan parut. Cara tersebut antara lain:

1. Mengaplikasikan petroleum jelly

Petroleum jelly menjadi salah satu produk multifungsi, salah satunya membantu mengurangi jaringan parut setelah operasi caesar. Apabila Anda ingin sayatan operasi caesar tetap lembab dan tertutup, oleskan produk ini. Menurut penelitian, mengoleskan petroleum jelly membuat luka cepat tertutup dan menjaga agar tidak terlalu besar, dalam, atau gatal. Agar efektif, gunakan perban untuk setelah mengaplikasikan petroleum jelly. Tujuannya agar bisa memberikan tekanan konstan pada luka dan membantu menjaganya agar tetap rata

2. Memanfaatkan vitamin E

Vitamin E bisa dimanfaatkan untuk membantu menghilangkan bekas luka. Hal tersebut telah dibuktikan oleh penelitian, di mana zaat vitamin E dianggap mampu mengurangi bekas luka akibat sayatan operasi caesar bahkan mencegah bekas luka timbul kembali dengan cara menghalangi pertumbuhan jaringan parut. Ada hal yang perlu diingat bahwa mungkin saja vitamin E tidak bekerja dengan baik untuk mengatasi bekas luka yang timbul di tempat selain tempat sayatan operasi caesar.

3. Meregangkan kulit

Meregangkan kulit dapat membuat bekas luka operasi caesar terlihat lebih tipis dan elastis. Cobalah lakukan cara berikut selama beberapa menit setiap harinya.

  • Letakkan jari telunjuk Anda di area sekitar 5-6 cm dari bekas luka
  • Coba regangkan kulit dengan menggerakkan jari ke atas dan ke bawah di sekitar area sayatan
  • Renggangkan luka searah jarum jam kemudian regangkan lagi berlawanan arah jarum jam
  • Regangkan kembali dari sisi ke sisi
  • Ulangi setiap gerakan 5 sampai 10 kali dan lakukan selama 5 hingga 10 menit setiap hari sampai bekas luka terlihat tipis

4. Memijat bekas luka

Memijat bekas luka atau sayatan setelah sembuh dari operasi caesar dapat membantu melembutkan bekas luka.  Selain itu, dengan pijat, jaringan parut yang terbentuk di bawah kulit dapat memecah. Memijat bekas luka dalam waktu 4 hingga 6 minggu dapat membuat kulit bekas sayatan membaik. Agar bisa dilakukan dengan lebih mudah dan efektif, gunakan krim pelembab yang ringan atau petroleum jelly. Cara membuatnya cukup mudah yaitu

  • Posisikan miring dua atau tiga jari di tepi bekas luka
  • Pijat bekas luka dengan mendorong jari ke satu arah dan tahan 10 detik
  • Lanjutkan dengan pergi ke arah lainnya
  • Pijat ke segala arah dan gerakan jari di sepanjang bekas luka setiap 1-2 cm.
  • Pijat selama 5-10 menit setiap hari

Itulah beberapa cara mengurangi bekas sayatan bahkan mencegah timbulnya bekas luka setelah operasi caesar. Selamat mempraktekkannya di rumah.

FOCUS KEYPHRASE: bekas luka

SEO TITLE: Cara mencegah bekas luka caesar

SLUG: Cara mencegah bekas luka caesar

META DRESC: Setelah melakukan operasi, akan ada proses penjahitan untuk menutup sayatan dan setelah sayatan sembuh jaringan parut akan timbul. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah bekas luka caesar atau meminimalkan jaringan parut. Cara tersebut antara lain:

 

Tags: , ,

Related Post